Selasa, 23 September 2008

AKSI MAHASISWA USN KOLAKA

Aksi Unjuk Rasa Mahasiswa USN Kolaka Nyaris Bentrok

Aksi unjuk rasa dari gabungan aktivis mahasiswa IMPAK Makassar dan Kendari pada hari Selasa (21/9) yang mengecam tindakan Rektor Universitas Sembilanbelas November (USN) Kolaka, Ashari,STTp,MSi yang dinilai sangat otoriter dalam mempimpin elemen termasuk mahasiswa,nyaris bentrok.

Tak hanya mengecam tindakan rektor yang memecat ketua BEM dan MPM USN Kolaka , mahasiswa yang memulai aksinya dengan berjalan kaki dari depan Stadion Gelora Balandete, kemudian berhenti di depan kampus USN Kolaka Sekitar pukul 09.00 Wita. Dikawal ketat aparat kepolisian dari Polres Kolaka, rombongan aktivis mahasiswa mulai melakukan orasi, bahkan sejumlah mahasiwa memaksakan untuk masuk ke dalam kampus dengan pagar yang sengaja ditutup oleh satpam kampus dan dijaga juga oleh puluhan mahasiswa yang pro dengan rektornya. Aksi saling dorong dan saling lempar potongan kayu di depan pintu pagar USN Kolaka antara mahasiswa pendemo dengan pro rektor pun sempat memacetkan arus lalulintas, jalan di depan kampus.

Melihat aksi mahasiswa penentang kebijakan Ashari selaku rektor USN Kolaka bakal memicu tindakan anarkis dan kekerasan di kampus itu, pihak aparat keamanan dari Polres Kolaka meminta Koordinator lapangan aksi unjuk rasa itu, Rusbi Ramayadi untuk melanjutkan aksinya menuju kantor Bupati zKolaka.

Di kantor Bupati Kolaka, rombongan mahasiswa diterima oleh Sekab Kolaka Drs H.A.Syahruddin.M.Msi, dalam dialog yang berlangsung di pelataran kantor Bupati Kolaka mereka mendesak Pjs. Bupati Kolaka, Drs.M.Ali Nur.MSi agar Rektor USN Kolaka segera dicopot dari jabatannya.Ketegangan pun terjadi antar Sekab Kolaka dengan mahasiswa yang menolak ketika Sekab Kolaka mengatakan masalah ini akan dikomunikasikan ke Bupati Kolaka Drs.Buhari Matta.’’ Saya selaku Ketua Yayasan USN Kolaka akan membicarakan tututan adik-adik mahasiswa kepada Bapak Buhari Matta,’’kata Sekab Kolaka dihadapan pengunjuk rasa.

Mahasiswa serta-merta menyergah pembicaraan Sekab, bahwa Drs Buhari Matta bukan lagi Bupati Kolaka yang menjadi Ketua Wali Amanah USN Kolaka.’’Kenapa dibicarakan sama Buhari Matta sementara di Bukan lagi Bupati Kolaka, secara otomatis jabatan wali amanah itu dijabat Ali Nur selaku pejabat Bupati Kolaka,ini semakin tidak jelas kalau harus dibicarakan sama Buhari Matta’’ ketus Jumrisal.

Usai melakukan aksi di Kantor Bupati Kolaka yang meminta Rektor USN Kolaka segera diganti,kemudian audit keuangan USN Kolaka,mereka melanjutkan pertemuan dengan anggota DPRD Kolak, hari itu mereka diterima oleh salah satu anggota DPRD Kolaka dari Komisi Bidang Pendidikan, Parmin Dasir,SE. ‘’Secara kelembagaan DPRD Kolaka dan pribadi saya sangat mengecam tindakan kekerasan yang terjadi Kampus USN, mahasiswa yang melakukan aksi unjuk rasa di pukuli, ini perlu disikapi secara tegas pihak aparat kepolisian untuk menangkap pelaku pemukulan mahasiswa’’ ungkap Parmin.

Sementara itu, Rektor USN Kolaka melalui Kabag Humas USN,Bakri Mendong mengatakan pihaknya menilai aksi yang dilakukan sekelompok mahasiswa USN itu tidak lagi sesuai dengan koridor yang berlaku di kampus.’’ Mereka yang melakukan aksi itu sebenarnya mereka bukan lagi berstatus mahasiswa tetapi sudah di drop out (DO) karena bermasalah secara akademik,’’ungkap Bakri Mendong ketika dikonfirmasi kepada sejumlah wartawan di Kampus.

Terkait adanya tuntutan agar Rektor USN Kolaka, Ashari agar diganti.Ia mengatakan, tuntutan mahasiswa itu ada mekanismenya,’’ Kita tidak bisa serta-merta mengganti Rektor,tanpa mengikuti prosedur baku yang telah diatur dalam anggaran dasar dan rumah tangga Yayasan USN Kolaka. Jadi silahkan saja mereka menuntut ke Bupati Kolaka,’’ katanya menambahkan,(rid)

Tidak ada komentar: