Jumat, 23 Oktober 2009

SILABUS MK MEDIA PENGAJARAN BAHASA INDONESIA

MK 503 Media Pembelajaran Bahasa Indonesia

1. Identitas Mata Kuliah :

Nama Mata Kuliah : Media Pembelajaran Bahasa Indonesia
Nomor Kode : MK
Jumlah SKS : 3
Semester : 3
Kelompok Mata Kuliah : MKKP
Program Studi/Program : Pendidikan Bahasa Indonesia/S1
Status Mata Kuliah : Lanjut/wajib
Prasyarat : Perencanaan Pembelajaran
Dosen : Ridwan Demmatadju
Tujuan

Selesai mengikuti perkuliahan ini mahasiswa diharapkan mampu mengenali latar belakang, dasar-dasar dan prinsip-prinsip strategi belajar mengajar serta mampu membuat media pembelajaran Bahasa Indonesia dan mempaktekannya dalam latihan mengajar dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia di SMA

2. Deskripsi Isi

Setelah mengikuti perkuliahan ini mahasiswa mampu mengenali latar belakang, dasar-dasar dan prinsip-prinsip strategi belajar mengajar serta mampu membuat media pembelajaran Bahasa Indonesia dan mempraktekannya dalam latihan mengajar dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia di sekolah menengah. Memberikan bekal kepada mahasiswa agar dapat memiliki kompetensi mengajar di depan kelas sebagai guru, berupa teori, dasar-dasar, dan prinsip-prinsip serta latihan mengajar

3. Pendekatan Pembelajaran

Ekspositori dan inkuiri
• Metode : ceramah, diskusi, analisis kasus, problem solving
• Tugas : observasi ke sekolah
• Media : Whiteboard, LCD, Komputer

4. Evaluasi

Keberhasilan mahasiswa dalam perkuliahan ini ditentukan oleh prestasi yang bersangkutan dalam :
• Partisipasi kegiatan kelas
• Pembuatan dan penyajian tugas
• UTS dan UAS



5. Rincian Materi Perkuliahan Tiap Pertemuan

Pertemuan 1 : Penjelasan umum perkuliahan, garis besar materi perkuliahan, teknis perkuliahan, membahas silabus perkuliahan
Pertemuan 2 : Pengertian Media Pembelajaran Bahasa Indonesia , Prinsip Media Pembelajaran Bahasa Indonesia Manfaat Media Pembelajaran Bahasa Indonesia
Pertemuan 3 : Pengertian Kurikulum berbasis kompetensi isi kurikulum
Pertemuan 4 : Strategi Pelaksanaan organisasi dan pengembangannya
Pertemuan 5 : Pengertian KTSP: Isi Kurikulum, Strategi Pelaksanaan, Pengorganisasian Kurikulum, Komponen Interaksi Belajar Mengajar, Mengidentifikasi komponen interaksi belajar
Pertemuan 6 : Konsep silabus dan SAP: Pengertian, manfaat, peran, dan fungsi, Praktek pembuatan silabus, Penugasan pembuatan silabus.
Pertemuan 7 : Pengertian dan konsep keterampilan mengajar: Ruang lingkup keterampilan mengajar, Mempraktekan keterampilan mengajar
Pertemuan 8 : UTS
Pertemuan 9 : Nilai dan manfaat media pembelajaran Jenis dan kriteria memilih media pembelajaran
Fungsi dan peran media pembelajaran
Pertemuan 10 : Klasifikasi media pembelajaran, Jenis-jenis media pembelajaran Karakteristik media pembelajaran
Pertemuan 11 : Relasi dalam pesan visual: Pesan visual dalam proses belajar mengajar
Pertemuan 12 : Media grafis sebagai media visual
Pertemuan 13 : Prinsip-prinsip pemilihan media pembelajaran, Pengembangan media pembelajaran, Memilih media pembelajaran yang tepat.
Pertemuan 14 : Pengertian media visual dan audio, Jenis-jenis media visual dan audio, Contoh media visual dan audio, Praktek media visual dan audio.
Pertemuan 15 : Teknik menggunakan lingkungan, Jenis lingkungan belajar, Langkah dan prosedur penggunaan media lingkungan
Pertemuan 16 : UAS

6. Daftar Buku

Sudirwo, Daeng. (2002). Kurikulum Dan Pembelajaran Dalam Rangka Otonomi Daerah. Bandung: CV Adira.
Hamzah, B. Uno (2006). Perencanaan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Nana Sudjana. (2005). Media Pengajaran. Sinar Baru Algensindo
Boediono. (2002). Kurikulum Berbasis Kompetensi. Jakarta: Puskur balitbang, depdikbud.
Hasan S. (2002). Pelaksanaan Kurikulum 1988 Evaluasi kurikulum. Jakarta : Depdikbud.
Hasan S Hamid. (1988). Evaluasi Kurikulum. Jakarta : Depdikbud.
E. Mulyasa. (2006). Kurikulum Yang Disempurnakan. Bandung : Remaja Rosdakarya.
Ishak Abdulhak&wina sanjaya.(1995). Media Pendidikan (Suatu Pengantar ), Pusat Pelayanan Dan Pengembangan Media Pendidikan. IKIP Bandung.
Ness.(1994). Curriculum Standard Of Social Studies,Washington DC. National Council For The Social Studies.
UURI No. 20 tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: BP. Cipta jaya.
PP No. 19 tahun 2005
Hasan S. (2002). Pengembanagn Kurikulum Berbasis Kompetensi.
Dikmenum. Pedoman Umum Pengembangan Silabus. Jakarta; Direktorat Jenderal Didasmen.
Boediono. (2002). Kurikulum Berbasis Kompetensi. Jakarta: puskur balitbang, depniknas.
Nana syaodih. (1997). Pengembangan Kurikulum, Teori, Dan Praktek. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Bobbi De Porter,Dkk. (2000). Quantum Teaching. Bandung: Kaifa.
Bobbi de porter, dkk. (2003). Quantum Learning. Bandung: Kaifa.
UURI No. 14 tahun 2005 Tentang Guru Dan Dosen.
PP No. 19 Tahun 2005

Tidak ada komentar: